Pages

Thursday, October 27, 2016

Penyakit Eksim yang Sangat Mengganggu

Eksim atau Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Penyakit eksim merupakan hipersensitif sehingga sering terjadi pada penderita rhinitis alergika, atau penderita asma alergi. Keradangan bisa terjadi dimana saja namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Jenis eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik.

 

Penyakit Eksim

Ketika gejala penyakit Eksim muncul seperti terasa gatal atau muncul warna merah. Segera langsung diingat-ingat sebelumnya, apa yang dimakan dan dikenakan pada tubuh, lalu cepat hindari hal tersebut, agar tidak terulang munculnya rasa sangat gatal di kemudian hari.

Umumnya pemicu eksim berbeda-beda bagi setiap orang. Satu orang mungkin sensitif dari bahan wol, sementara orang lainnya sensitif terhadap bahan kimia dalam parfum. Karena pemicu eksim setiap orang tidak benar-benar diketahui.


Cara Mencegah Penyakit Eksim

  • Munculnya eksim dapat dihindari dengan melakukan beberapa tips dibawah ini :

  • Jaga kelembaban kulit.

  • Hindari perubahan suhu dan kelembaban yang mendadak.

  • Hindari berkeringat terlalu banyak atau kepanasan.

  • Kurangi Stress.

  • Hindari pakaian yang menggunakan bahan yang menggaruk seperti wool dan lain lain.

  • Hindari sabun dengan bahan yang terlalu keras, deterjen dan larutan lainnya.

  • Hindari faktor lingkungan lain yang dapat mencetuskan alergi seperti serbuk bunga, debu, bulu binatang dan lain lain.

  • Hati hati dalam memilih makanan yang bisa menyebabkan alergi.


Macam-macam Penyakit Eksim 

  1. Dermatitis atopik didasari oleh kelainan genetik, penderita memiliki kulit sensitif hingga menimbulkan alergi. Alergi terjadi sebagai suatu reaksi inflamasi dibagian kulit setelah kulit bersentuhan dengan benda dan juga zat tertentu yang beresiko menimbulkan alergi meski hanya sedikit.

  2. Eksim Dyshidriotic adalah suatu iritasi kulit yang muncul dibagian telapak tangan dan kaki yang biasanya ditandai dengan muncul gejala lepuhan.

  3. Neurdermatitis merupakan suatu reaksi yang ditandai dengan kulit gatal-gatal dan semakin  menebal kehitaman, biasanya banyak ditemukan dibagian kaki,kaki, tangan, leher dan punggung.

  4. Eksim nummular mempunyai reaksi dengan gejala bentuk melingkar dan seperti koin pada kulit yang mengalami iritasi. Biasanya ditandai degan gejala gatal bersisik.

  5. Eksim seboroik ditandai dengan kulit berminyak, bercak dengan warna kekuningan dan biasanya muncul diwajah atau kepala.

  6. Dermatitis statis merupakan suatu bentuk iritasi kulit yang muncul dikaki bagian bawah dan biasanya berhubungan dengan sirkulasi darah.


Obat Tradisional Penyakit Eksim


Bahan obat tradisional penyakit eksim pertama


- 1 ruas lengkuas

- 1 ruas kunyit

- Kapur sirih secukupnya

Cara membuatnya bersihkan lengkuas serta kunyit sampai bersih, lantas parut ke-2 bahan itu. Kemudian, campur ke-2 bahan itu dan berikan sedikit kapur sirih. Lalu kompres kulit yang terserang penyakit eksim dengan air hangat, lantas keringkan dengan handuk bersih yang lembut. Setelah itu oleskan ramuan yang sudah di buat tadi dengan cara rata pada kulit yang terserang eksim, lalu balut dengan memakai perban supaya tak terserang air serta sabun. Setiap 2 kali sehari  ganti dengan ramuan yang baru.

Bahan obat tradisional penyakit eksim kedua

- 1 buah wortel

- 1 sdm kapur sirih

Cara membuatnya wortel dicuci, lalu diparut. Campurkan kapur sirih, kemudian aduk rata. Terapkan pada kulit, kemudian balut dengan kain perban supaya tak terserang air serta sabun.

Bahan obat tradisional penyakit eksim ketiga

-Daun Bayam

Cara membuatnya cuci daun bayam hingga bersih, kemudian rebus hingga mendidih. Gunakan airnya untuk mengompres kulit. Lakukan selama 30 menit.

Bawang putih obat eksim


Bahan obat tradisional penyakit eksim keempat

- 1 siung bawang putih

Cara membuatnya tumbuk hingga halus, kemudian oleskan pada kulit yang terkena eksim. Lakukan dua kali dalam sehari hingga sembuh.

Tetap jaga pola makan, sebaiknya hindari makan makanan seperti telur, ikan, udang, sarden yang berbau amis-amis. karena makanan itu dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit yang teriritasi penyakit eksim.

0 comments:

Post a Comment