Pages

Friday, September 9, 2016

Menstruasi setelah Melahirkan

Saya sempat bingung dan bertanya-tanya kenapa kok saya belum menstruasi setelah nifas. Mungkin bunda juga merasakan kebingungan seperti yang saya rasakan? Setelah saya mencari informasi dari berbagai sumber ternyata menstruasi yang dialami setiap ibu setelah melahirkan akan berbeda-beda siklusnya. 

Menyusui
Menyusui merupakan faktor utama yang mungkin memainkan peran dalam menentukan siklus menstruasi anda. Karena tubuh cukup baru untuk fenomena menyusui, ia mencoba untuk menyesuaikan diri dengan adanya perubahan pada menstruasi anda. Meskipun ini tidak  berlaku pada semua wanita. Hal ini karena ketika anda sedang menyusui dipengaruhi oleh  kelenjar hipofisis mengeluarkan hormon yang disebut dengan prolaktin. Sementara prolaktin merangsang produksi susu, itu menekan ovulasi. Prolaktin juga merupakan penyebab di balik menstruasi yang tidak teratur setelah kehamilan.

Bila Ibu menyusui ASI full tanpa MPASI, maka tidak akan mendapatkan menstruasi karena terjadi Hiperprolaktin. Namun jika Ibu menyusui sudah mendapatkan menstruasi normal, hal itu berarti Ibu sudah memasuki masa subur kembali. Jika Ibu ingin menunda kehamilan kembali, sebaiknya segera mencari alternatif KB lainnya.

Setelah melahirkan maka setiap wanita akan mengalami masa nifas, dimana terjadi keluarnya cairan dari vagina yang berisi campuran antara darah, lapisan dinding rahim dan bakteri. Perdarahan yang terjadi setelah melahirkan dapat timbul selama 40 hari setelah melahirkan. Waktu terjadinya kembali menstruasi setelah melahirkan tidak dapat ditentukan secara pasti, namun ada faktor yang berpengaruh besar terhadap siklus menstruasi setelah melahirkan, yaitu menyusui. Sedangkan faktor utama penyebab gangguan menstruasi adalah ketidak-seimbangan hormone.

0 comments:

Post a Comment