Pages

Monday, September 5, 2016

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Salam hangat bun, di artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai perawatan bayi. Tahukah bunda bayi yang baru lahir cuma bisa menangis karena ini merupakan respon dan bahasa alami yang bisa dia lakukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Ketika suara tangis pertama kali terdengar tentulah hati sangat bahagia dan kini anda menjadi seorang bunda. Untuk ibu muda seperti saya yang masih bingung dengan bagainama cara merawat bayi, disini saya akan berbagi pengalaman bun. tentunya dari pengalaman pribadi saya dan dari nasehat orang tua serta dari berbagai referensi yang saya baca.

1. Cara Menyusui Bayi

a. Inisiasi menyusui dini
Inisiasi menyusui dini
Ketika bayi baru lahir segera lakukan inisiasi menyusui dini, biasanya dokter akan langsung meletakkan bayi di dada bunda ketika bayi lahir dan bayi pun akan mencari puting. Hal ini dilakukan agar ikatan bayi dan bunda terjalin erat.

b. Berikan kolostrum
ASI yang keluar pertama berwarna kekuningnan yang disebut kolostrum. Kolostrum harus diberikan pada bayi jangan dibuang. Didalam kolostrum mengandung zat kekebalan tubuh.

c. Berikan hanya ASI sampai usia 6 bulan
ASI sangat bermanfaat, sehat, praktis tidak butuh biaya. Dengan memberika ASI dapat mencegah perdarahan pada ibu nifas, ASI juga dapat menjalin kasih sayang bunda dan bayi.

2. Cara Menjaga Kebersihan Tali Pusar

Jagalah selalu kebersihan untuk mencegah infeksi kuman pada bayi. menjaga tali pusar selalu bersih, kering, dan biarkan terbuka jangan dibungkus. Tali pusar tidah perlu diberi ramuan apa pun, jika kotor bersihkan dengan kain bersih atau kasa seteril dan basahi dengan air matang.

3. Cara Menjaga Bayi Tetap Hangat

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga bayi tetap hangat adalah:
Bayi memakai pakaian yang lembut, hangat, kering dan bersih. Bayi memakai tutup kepala, sarung tangan dan kaos kaki, menggunakan baju dan diselimuti. Bayi harus dirawat gabung dengan ibunya sehingga ibu mudah menjangkau bayinya, apabila bayi harus dipisah dengan ibunya, yakinkan bayi menggunakan pakaian yang hangat dan diselimuti. Jaga ruangan tetap hangat, jangan tidurkan bayi ditempat dingin atau banyak angin. Jika berat bayi kurang dari 2.500 gram, lakukan metode kanguru (dekap bayi di dada ibu, kulit bayi menempel di kulit ibu).

4. Pelayanan Kesehatan bagi Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir mendapatkan pelayanan kesehatan dari bidan /dokter/perawat minimal tiga kali yaitu pada hari pertama, hari ketiga, dan minggu kedua. Jika bayi belum disuntik vitamin K1, mintalah pada petugas kesehatan. Jika belum diimunisasi Hepatitis B, mintalah sebelum bayi berumur 7 hari. Baca juga perkembangan bayi usia 1 sampai 8 bulan.
Selamat atas kelahirannya... Salam Keluarga Bahagia...

0 comments:

Post a Comment