Pages

Monday, October 26, 2015

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. di Indonesia kacang hijau dapat ditemukan dengan mudah dan harganya terjangkau. Selain itu kacang hijau bisa dibuat bermacam-macam makanan olahan seperti kue, onde-onde, bubur kacang hijau, es kacang hijau, sereal untuk anak, dll

Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting seperti sumber mineral (kalsium dan fosfor) yang berkhasiat untuk membuat tulang lebih kuat. Kacang hijau juga dapat meberikan asupan makanan sehat bagi tubuh yang merupakan sumber protein. Tidah hanya itu kacang hijau juga memiliki kandungan antaralain rendah lemak,serat yang cukup tinggi, karbohidrat, mineral, zinc dan zat besi,Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, asam folat, thiamin, riboflavin, B6, niasin dan pantothenat yang bermanfaat meningkatkan metabolisme dan energi.
 
Kacang hijau


Berikut manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh:

Sumber protein tinggi

Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Tak hanya dari sumber hewani, protein juga ditemukan dari sumber nabati, terutama dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Kandungan protein dalam setiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein. Protein dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu anda kenyang lebih lama.

Membantu diet menurunkan berat bada


Dalam hal kesehatan, Serat sangat bermanfaat menjaga fungsi saluran pencernaan seperti mencegah sembelit, membantu mengurangi penyerapan kolesterol diusus, dll. Biasanya orang-orang yang melakukan diet sering tersiksa dengan rasa lapar yang dapat menggagalkan  tujuan menurunkan berat badan. Nah karena kacang hijau tinggi mengandung serat yang tinggi, maka ia bisa membantu menahan lapar. Hal ini yang menyebabkan serat dalam makanan membuat orang merasa kenyang lebih lama. Anda juga dapat melakukan cara diet yang cepat dan sehat agar program diet anda berhasil.


Menjaga kesehatan janin dan Ibu hamil

untuk wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau karena  mengandung Vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein, kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Baca juga Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan pospor dalam kacang hijau sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu regenerasi pembentukan tulang dan gigi.

Membantu Penyerapan Nutrisi

Penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin B1 menyebabkan metabolisme melambat sehingga proses penyerapan nutrisi dari makanan tidak berjalan maksimal. Kandungan vitmin B1 dan enzim-enzim aktif pada kacang hijau dapat memperbaiki kondisi ini dengan meningkatka penyerapan nutrisi dan metabolisme tubuh.

Melindungi kulit dan membantu mencegah penuaan dini serta mencegah kanker

Ketika anda terus-menerus terpapar sinar matahari yang panas dan polutan lingkungan, maka radikal bebas akan lebih banyak yang masuk kedalam tubuh Anda dan merusaknya dari dalam. manfaat kacang hijau bagi tubuh karena mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini seperti kebanyakan jenis buah dan sayuran, sehingga bisa membantu mengurangi beragam penyakit akibat dampak radikal bebas  termasuk kanker kulit. Selain mengandung antioksidan, kacang hijau juga tinggi protein. Jadi jangan heran jika sering mengkonsumsinya, maka kulit Anda menjadi lebih sehat, mulus, dan bebas penyakit

Melancarkan aliran darah

kacang hijau dapat membantu menghilangkan lemak jenuh yang berada di arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

Menjaga tekanan darah

Kalium adalah elektrolit yang bermanfaat untuk menetralkan efek sodium/natrium, sehingga tekanan darah tinggi bisa diturunkan kembali. Namun sebaliknya, bagi orang dengan darah rendah atau hipotensi, kacang hijau justru bisa membantu tekanan darah bergerak naik kearah tekanan yang normal. manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh salah satunya membantu menjaga tekanan darah yang normal.

Mencegah Anemia

Kacang hijau diperkaya dengan zinc dan zat besi menjadikan kacang hijau sebagai makanan pilihan untuk mengatasi anemia,juga membantu keseimbangan hormon dan sistem kelenjar, serta menjaga metabolisme tubuh.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan Vitamin A dalam kacang hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Jadi mulai sekarang sering-seringlah mengkonsumsi kacang hijau,karena manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh sangat banyak, bahkan kacang hijau juga merupakan makan sehat untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat, sayangilah kesehatan tubuh kita. Salam keluarga bahagia.

0 comments:

Post a Comment